nusakini.com - Kiper flamboyan asal Brasil, Julio Cesar, akhirnya memutuskan untuk "gantung sarung tangan" mengakhiri karier sebagai pesepakbola profesional.

Pengumuman pensiun sudah dilakukan Cesar sepekan sebelumnya dan dia pun memainkan partai profesional terakhirnya dengan membela klub perdana dalam kariernya, Flamengo, dalam kemenangan 2-0 atas America Mineiro, di hadapan 52 ribu publik stadion Maracana, pada lanjutan Serie A Brasil, Minggu (22/4).

"Pertandingan terakhir ini begitu indah, tapi bagian dalam hidup saya kini telah pergi. Selama 20 tahun menjalani karier, rasanya sungguh luar biasa. Saya bahkan tak pernah membayangkannya bahkan saat masih kecil, bisa memiliki karier seindah ini," tutur Cesar, seperti dikutip La Gazzetta dello Sport.

"Terima kasih untuk Flamengo, klub yang membawa saya ke sepakbola ketika masih kecil dan mendidik saya hingga menjadi seorang pria. Mereka terus membimbing saya sampai siap untuk berkarier di Eropa. Terima kasih sekali lagi," ujarnya.

Cesar yang kini menginjak usia 38 tahun mengawali kariernya di Flamengo sebelum malang-melintang bersama Chievo Verona, Inter Milan, Queens Park Rangers, Toronto, Benfica, hingga kembali ke klub yang bermarkas di stadion Maracana itu. Dia juga mengepak 87 caps untuk timnas Brasil.

Puncak karier Cesar hadir pada 2010 silam, tatkala dirinya jadi elemen krusial Inter meraih treble winners di bawah asuhan Jose Mourinho. Bersama Brasil, dia juga sukses persembahkan satu Copa America dan sepasang Piala Konferderasi. (fft/om)